Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Introduksi Tanaman



Introduksi
Introduksi adalah memindahkan spesies atau varietas / cultivar tanaman pertanian dari suatu tempat (biasanya disebut pusat penyebaran) ketempat baru.
Tipe introduksi dibagi menjadi tiga yaitu:
1.       New crops
Mendatangkan spesies baru kesuatu daerah untuk pertama kalinya. Tanaman ini belum pernah ditanam sebelumnya di areal atau negara tersebut.
2.       New varieties of crops
Introduksi varietas baru yang lebih baik sifat-sifatnya (misalnya dari negara yang telah maju program pemuliaan tanamannya).
3.       New characteristics of a variety
Mengintrodusir varietas yang mempunyai sifat baik yang dimilikinya. Misalnya karena ketahanan terhadap hama/penyakit, warna, mutu dan umur genjah.
Praktikum pada tanggal 2 desember 2015 lalu, kelompok kami mengamati tiga jenis tanaman yang berbeda kemudian dicari pusat penyebaran dan tipe nya. Berikut ini hasilnya :
1      1. Pisang (Musa spp.)
Pisang (Musa spp.)
Pisang yang ada sekarang diduga merupakan hasil persilangan alami dari pisang liar yang telah mengalami domestikasi. Beberapa literature menyebutkan bahwa pusat keanekaragaman pisang berada di kawasan Asia Tenggara (2A). sedangkan tipe introduksinnya tergolong dalam introduksi New variety of crops, karena di mungkinkan sebelumnya tanaman pisang tersebut sudah ada di Indonesia.
       2. Kakao (Theobroma cacao L. )
Kakao (Theobroma cacao L. )
Beberapa leteratur menjelaskan bahwa tanaman kakao merupakan tanaman yang berasal dari hutan hutan tropis di Amerika tengah dan di amerika selatan bagian utara. Penduduk yang pertama kali mengusahakan nya sebagai makanan dan minuman adalah suku astek (suku maya). Jadi dapat disimpulkan bahwa tanaman kakao masuk kedalam pus
Sorghum (Sorghum bicolor)

at penyebaran 8. Tipe introduksi untuk tanaman kakao di Indonesia termasuk tipe new crops karena kakao baru pertama kalinya ada di Indonsia. Di Indonesia tanaman kakao diperkenalkan pertama kali oleh orang spanyol pada tahun 1950 di Minahasa, Sulawesi Utara.
3    3.  Sorghum (Sorghum bicolor)
Menurut sejarah tanaman sorghum berasal dari benua Afrika dan nenek moyang tanaman ini adalah sejenis rumput rumputan dengan nama latin Andropogon halepensis atau dijaw dikenal dengan nama rumput glaga rayung. Sedangkan menurut vavilov tanaman sorghum merupakan tanaman asli tropis Ethiopia, Afrika timur dan dataran tinggi Ethiopia dianggap sebagai penyebarannya. Dari penjelasan tersebut sudah pasti bahwa tanaman sorghum termasuk kedalam pusat penyebaran 6. Tipe introduksi tanaman sorghum masuk keindonesia melalui tipe New crops.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar